Skip to main content

Pinjaman Tanpa Agunan

Pinjaman Tanpa Agunan

Pinjaman Tanpa Agunan Sebagai Solusi Kebingungan dan Kegelisahan

Artikel ini masuk dalam Kategory Pinjaman Dengan Judul Pinjaman Tanpa Agunan

Disini menguraikan dan juga membahas pinjaman tanpa agunan online yang paling umum kita jumpai pembahasan mengenai yang kredit paling trend saat ini yaitu pinjaman tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit dan pinjaman tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit serta pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat langsung cair hampir dalam hitungan menit yang mana kredit tersebut berbeda dengan kredit tanpa agunan bri dan juga pinjaman tanpa agunan bca karena serta pinjaman tanpa agunan bni yang dikeluarkan oleh perbankan dan juga pinjaman dengan agunan bpkb.

Apakah Kita mau menikah namun belum punya duit mahar? Apakah Kita mau membeli gadget baru namun isi tabungan belum mencukupi?

Apakah Kita mau memberi kado buat pasangan Kita namun waktu gajian masih lumayan lama? Atau apakah Kita butuh duit tambahan buat membeli barang edisi terbatas?

Pinjaman tanpa agunan ialah jawaban atas kebingungan dan kegelisahan Kita!

Mau tahu lebih jelas mengenai Pinjaman tanpa agunan? Berikut dibawah ini hal-hal menarik mengenai pinjaman online pribadi yang mesti Kita ketahui:

Darimana Asal Mula Pinjaman Tanpa Agunan ?

Mulanya, produk Pinjaman tanpa agunan (personal loan) ini dikeluarakn pertama kali oleh StKitard Chartered PLC, suatu lembaga perbankan multinasional dari negara Inggris.
Kemudian sistem pinjaman ini diadopsi juga oleh banyak lembaga keuangan di negara Indonesia.
Produk ini; pinjaman tanpa agunan ialah salah satu produk inovatif dan unggulan sebab sangat membantu masyarakat buat mendapatkan pinjaman tanpa jaminan sama sekali.

Apa itu Pinjaman Tanpa Agunan ?

Agunan Adalah Jaminan Yang Diserahkan DebiturInternet sudah menjadi bagian yang tidak terpisah dari kehidupan Kita sehari-hari. Dahulu, Kita mesti berangkat ke luar kantor atau rumah cuma buat ke perusahaan pembiayaan atau bank guna mendapatkan pinjaman dari mereka.

Saat ini, Kita bisa menemukan informasi pinjaman uang dari perusahaan pembiayaan atau bank lainnya tanpa mesti meninggalkan kenyamanan tempat tinggal Kita sendiri.

Oleh sebab itu, Pinjaman tanpa agunan ialah produk pinjaman uang yang dapat diajukan secara online untuk memenuhi keperluan pribadi seseorang peminjam.

Pinjaman tanpa agunan ini juga umumnya disebut juga sebagai pinjaman online tanpa agunan sebab jumlah pinjaman yang diajukan relatif kecil oleh karenanya jaminan barang/aset tidak dibutuhkan.

Namun , pihak lembaga penyediaan pinjaman atau bank mempunyai resiko yang sangat besar dengan memberikan pinjaman duit tanpa jaminan sehingga dibuatlah jangka waktu angsurannya menjadi relatif singkat.

Apa Saja Syarat Syarat Pinjaman Tanpa Agunan?

pinjaman tanpa agunan onlineBatas Umur

Biasanya, penyedia Pinjaman tanpa agunan memberikan umur paling muda 18 tahun buat calon debitur mereka. Walaupun ada juga beberapa lembaga penyedia jasa kredit tanpa agunan yang menetapkan persyaratan hingga umur 21 tahun.

Selain itu, pihak pemberi kredit tanpa agunan juga akan membatasi umur para calon debitur mereka yakni paling tua 55 tahun atau juga yang sampai 60 tahun saat angsuran pinjaman selesai.

Besaran Penghasilan Nasabah

Setiap perbankan maupun perusahaan pembiayaan mempunyai kebijakan masing masing dalam mengukur kemampuan (capability) pembayaran angsuran dari calon debiturnya.

Cara yang umum yang biasa dilakukan mereka ialah dengan memverifikasi jumlah penghasilan per bulan para calon peminjam. Sekarang ini, rata-rata lembaga lembaga penyedia pinjaman memberikan syarat minimal penghasilan untuk setiap calon peminjam sejumlah 3 juta rupiah per bulan nya.

Pertimbangan lainnya, minimal pendapatan calon peminjam yang memilik status sebagai wiraswasta atau karyawan akan dibedakan mereka. Penetapan perbedaan ini juga diterapkan berdasar pada lokasi rumah calon peminjam sebab setiap kota maupun daerah mempunyai Standar Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) yang berbeda beda setiap kota.

Jadi, bilamana penghasilan per bulan para calon peminjam berada dibawah standar UMK, maka besar kemungkinan aplikasi yang diajukannya akan sulit disetujui pihak pemberi kredit tanpa agunan dengan pertimbangan yang rasional buat memenuhi keperluan sehari-hari saja calon nasbahnya masih kurang apalagi untuk membayar angsuran kredit tanpa agunan.

Domisili Tempat Tinggal

Beberapa bank dan lembaga keuangan memberikan persyaratan yakni menyertakan data lokasi tinggal para calon debitur mereka. Proses ini dilakukan sebab mempertimbangkan jangkauan (coverage) layanan mereka dan untuk mengurangi beban risiko ketidak lancaran pembayaran angsuran Pinjaman tanpa agunan para nasabah.

Selain itu juga, kebanyakan lembaga pemberi kredit tanpa agunan ini menetapkan aturan calon peminjam agar menyertakan juga nomor telepon berupa fixed line yakni nomor telepon dari pihak telkom yang terpasang di kantor atau rumah nasabah.

Namun, sejauh ini sudah jarang calon debitur yang memiliki telepon fixed line. Sebab itu, banyak bank atau lembaga penyedia pinjaman tanpa agunan ini mensyaratkan nomor telepon fixed line kantor dari calon debitur.

Kelengkapan Dokumen Pengajuan

Salah satu syarat memperoleh kredit tanpa agunan, umumnya calon nasabah akan diminta agar mengunggah dokumen-dokumen tentang data diri mereka yakni sebagai berikut:

1. Fotocopy /Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) calon nasabah.

2. Fotocopy /Scan buku rekening tabungan bank nasabah yang masih aktif.

3. Fotocopy/Scan rekening koran atau slip gaji calon nasabah kredit tanpa agunan.

Kepemilikan Kartu Kredit Yang Masih Aktif

Walaupun bukan merupakan persyaratan yang utama, tapi beberapa perbankan dan lembaga pemberi pinjaman online akan memberikan kemudahan proses kepada calon debitur yang sudah mempunyai kartu kredit.

Persyaratan ini diberlakukan oleh pihak bank atau lembaga keuangan guna memudahkan menganalisa resiko Pinjaman calon debitur yang sedang mengajukan kredit tanpa agunan.

Dengan memiliki kartu kredit, maka perusahaan penyedia pinjaman juga bisa melihat kebiasaan nasabah dalam menggunakan fasilitas kartu kredit mereka.

Dan jika track record perbankan Kita mempunyai riwayat yang bagus, seperti terlihat selalu lancar dalam membayar tagihan, tidak pernah telat membayar tagihan kartu kredit, dan jarang overlimit dalam penggunaan kartu kredit

maka kemungkinan pengajuan kredit tanpa agunan Kita pun akan menjadi lebih besar supaya disetujui pihak perusahaan pemberi pinjaman tanpa agunan online maupun offline.

Namun bagi calon peminjam yang tidak mempunyai kartu kredit tidak perlu khawatir sebab masih banyak perusahaan penyedia pinjaman maupun bank yang tidak mewajibkan adanya syarat kepemilikan kartu kredit buat calon debitur.

Pengecekan Riwayat Pinjaman

Sebelum menyerahkan aplikasi pengajuan Pinjaman tanpa agunan Kita agar disetujui, pihak bank maupun pihak perusahaan pembiayaan perlu mengecek riwayat pinjaman Kita dengan menggunakan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang berada di bawah kewenangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Apabila riwayat pinjaman Kita bagus, maka proses pengajuan pinjaman Kita akan lebih mudah untuk disetujui pihak mereka.

Dan sebaliknya juga, jika riwayat Pinjaman Kita sering terlambat dalam pembayaran angsuran, maka besar kemungkinan proses pengajuan kredit tanpa agunan Kita akan ditolak pihak perusahaan pemberi pinjaman tanpa agunan online maupun offline.

Bagaimana Cara Mendapatkan Pinjaman Tanpa Agunan Terbaik?

pinjaman online cepat cairUntuk mendapatkan dana dari Pinjaman tanpa agunan, ada beberapa tahapan proses yang mesti dipenuhi, yaitu:

1. Menentukan produk pinjaman tanpa agunan paling sesuai dengan keperluan dan kemampuan

Pada saat awal pengajuan pinjaman tanpa agunan online, langkah pertama yang mesti Kita lakukan ialah mengunjungi situs situs fintech yang sudah terdaftar di OJK dan kita akan menemukan produk Pinjaman tanpa agunan yang memberikan penawaran yang berbeda. Hal ini bisa dilihat dari jumlah bunga yang kompetitif, biaya administrasi, dan rating produk kredit tanpa agunannya.

2. Mengisi formulir aplikasi pengajuan kredit tanpa agunan online

Sesudah kita mendapatkan dan menentukan produk kredit tanpa agunan yang paling sesuai dengan kebutuhan Kita, maka proses selanjutnya yang mesti dilakukan ialah mengisi formulir aplikasi pengajuan yang sudah disediakan oleh pihak perusahaan pemberi pinjaman (fintech). Kita perlu memastikan waktu mengisi informasi tentang data diri Kita telah dilakukan secara benar,

kemudian selanjutnya mesti mempelajari seluk beluk mengenai aplikasi pinjaman online pribadi ini dengan teliti. Misalnya ; biaya administrasi, denda pelunasan, denda keterlambatan, dan hal hal lainnya.

3. Verifikasi data

Untuk proses selanjutnya ialah verifikasi data calon nasabah kredit tanpa aguan online pribadi berdasarkan dari formulir tentang data diri beserta persyaratan dokumen-dokumen pendukung lainnya yang dilakukan oleh pihak perusahaan pemberi pinjaman online atau bank.

Proses ini dijalankan buat mengecek besar jumlah penghasilan, informasi mengenai keluarga dan kantor tempat berkerja.

Dan alangkah baiknya bila Kita menginformasikan keluarga dan juga tempat kerja jika Kita memberikan detail tersebut di dalam aplikasi pengajuan pinjaman tanpa agunan online supaya proses verifikasi kebenaran data berjalan dengan lancar dan sesuai harapan kita untuk mendapatkan kredit tanpa agunan online.

4. Hasil aplikasi pengajuan

Pada saat aplikasi pengajuan Pinjaman tanpa agunan online Kita dinilai sudah layak buat mendapatkan pinjaman,

Selanjutnya maka pihak perusahaan pembiayaan maupun bank akan menghubungi Kita mengenai proses pencairan dana yang dilakukan melalui SMS, telepon maupun email dari perusahaan tersebut.

Untuk proses pencairan dana kredit tanpa agunan online biasanya berjangka waktu paling cepat 1 s,d 3 hari bisa juga 7 hr kerja saja.

Uang pinjaman tanpa agunan online pribadi Kita pun otomatis akan langsung masuk ke rekening tabungan Kita.

Kekurangan Pinjaman Tanpa Agunan Online

Terdapat keterbatasan tenor dan Plafon yang ditawarkan perusahaan pemberi pinjaman online cepat langsung cair

Jumlah dana atau Plafon yang akan dipinjamkan umumnya relatif kecil sebab tidak menggunakan agunan.

Sebab dengan besarnya beban resiko yang akan ditanggung oleh perusahaan penyedia pinjaman atau bank dengan memberikan pinjaman dana tanpa jaminan dengan waktu atau tenor pelunasannya yang relatif lebih cepat.

Coverage (Area Jangkauan) masih sangat terbatas

Saat ini rata-rata area operasional perusahaan penyedia pinjaman online atau bank masih terbatas untuk kota-kota yang besar saja.

Permasalahan ini disebabkan kantor perwakilan perusahaan penyedia pinjaman online atau bank kebanyakan berdomisili di kota-kota yang besar saja, yang membuat sulit dalam melakukan pengecekan offline kepada para calon debitur perusahaan penyedia pinjaman online atau bank yang tinggal di daerah tertentu.

Besaran Suku bunga yang masih cukup tinggi

Kekurangan lainnya ialah besaran suku bunga yang ditawarkan oleh pihak perusahaan penyedia pinjaman online atau bank masih relatif tinggi.

Hal ini merupakan konsekuensi (akibat) dari penggunaan agunan yang tidak diwajibkan perusahaan penyedia pinjaman online atau bank.

Namun , banyak juga debitur yang menerima aturan mengenai hal ini, sebab tidak terlalu berpengaruh secara signifikan terhadap calon debitur.

Selain itu juga, besaran suku bunga yang ditawarkan perusahaan penyedia pinjaman online atau bank juga bersifat rata ata flat dari awal s.d pelunasan pinjaman.

Saat ini setiap perusahaan penyedia pinjaman online atau bank mempunyai kebijakan yang berbeda-beda dalam penetapan besaran suku bunga kredit tanpa agunan online maupiun offline.

Kelebihan Pinjaman Tanpa Agunan Online

Tanpa menggunakan agunan dan simple

Dengan tidak adanya penyerahan jaminan atau agunan aset seperti BPKP, perhiasan mewah atau sertifikat rumah, yang biasanya diwajibkan bagi calon debitur pinjaman umumnya.

Hal ini disebabkan fintech mau memberikan kepercayaan mereka kepada calon nasabah agar memanfaatkan dana pinjaman tanpa agunan online cepat cair dari mereka, yang mana hal ini juga akan lebih memudahkan pihak nasabah buat mengajukan proses pinjaman atau kerja sama dengan pihak perusahaan pemberi pinjaman online atau bank di lain waktu lagi.

Selainitu, pihak perusahaan pemberi pinjaman online atau bank juga menggunakan kondisi ini sebagai strategi untuk melakukan promosi guna menarik calon debitur pinjaman tanpa aguna online.

Meskipun kredit ini tanpa menggunakan jaminan, namun Kita mesti taat membayar angsuran sesuai dengan waktu yang sudah disepakati supaya pengajuan pinjaman di lain hari akan menjadi lebih mudah untuk dapat disetujui serta memperoleh plafon pinjaman yang lebih besar lagi tentunya.

Banyak Manfaat penggunaan pinjaman buat berbagai kebutuhan

Banyak Manfaat buat menggunakan pinjaman ialah hal utama bagi pengguna Pinjaman tanpa agunan ini.

Nasabah bisa memanfaatkan dana pinjaman online buat kebutuhan apapun dengan mengikuti keperluannya. Namun , sebaiknya Kita menggunakan uang tersebut secara bijak supaya ke depannya tidak akan timbul masalah dalam pelunasan pinjaman dikarenakan macet maupun keterlambatan pembayaran.

Mudahnya Ketersediaan Akses Fasilitas pinjaman online

Berbeda dengan kredit konvensional yang mengharuskan adanya aset untuk jaminan, survey ke rumah dan hal lainnya.

Kredit tanpa agunan ini akan memudahkan Kita dalam mengisi formulir pengajuan aplikasi pinjaman online yang bisa diisi dimana saja dan kapan saja menggunakan gadget Kita yang harus terkoneksi dengan jaringan internet, sehingga akan mempersingkat waktu kita sendiri dalam proses pengajuan aplikasi pinjaman tanpa agunan online cepat cair dalam hitungan menit.

Untuk proses pencairan uang pinjaman yang cepat cair

Manfaat terpenting dari Pinjaman tanpa agunan online ini ialah pencairan dana pinjaman yang termasuk cepat cair.

Umumnya pihak perusahaan pemberi pinjaman online atau bank memproses pencairan dana pinjaman 1 s.d 3 hari bahkan bisa seminggu. Tentu saja hal ini sangat membantu para debitur yang membutuhkan dana secepatnya, seperti membayar pengobatan, biaya pernikahan, merenovasi rumah dan pengeluaran lainnya.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *