Jenis Kredit Agunan

Artikel ini termasuk ke dalam Kategori : Kredit dengan Judul : Jenis Kredit Agunan

Jenis Kredit Agunan

Setiap pengusaha yang hendak mencari pinjaman biasanya memilih satu di antara ke dua jenis kredit agunan, yaitu kredit tanpa agunan atau kredit dengan agunan.
Mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda saat mendengar jenis pinjaman kredit tanpa agunan dan kredit dengan agunan ini.

Seperti yang telah kita ketahui, baik kredit tanpa agunan maupun kredit dengan agunan dapat memberikan pinjaman untuk pelanggan yang membutuhkannya.
Tentu saja, masing-masing jenis pinjaman memiliki persyaratan tertentu yang mesti diisi oleh pemohon pinjaman.

Kredit Tanpa Agunan

Sesuai dengan namanya, Anda dapat melakukan kredit tanpa memberikan jaminan atau agunan.
Kredit tanpa agunan ini sangat cocok bagi mereka yang tidak ingin menjamin aset mereka.

Kredit tanpa agunan (personal loan) ini pertama kali diperkenalkan oleh Standard Chartered PLC, sebuah lembaga perbankan multinasional di Inggris.
Produk pinjaman ini kemudian diadopsi oleh banyak lembaga keuangan yang ada di Indonesia.
Produk pinjaman tanpa agunan ini merupakan salah satu produk unggulan dan inovatif karena produk ini dapat membantu masyarakat untuk mengakses pinjaman tanpa jaminan.

Pinjaman jenis ini memiliki waktu pembayaran yang relatif cepat, tetapi batasnya tidak terlalu besar untuk jangka waktu pinjaman.
Secara umum, jumlah nominal maksimum yang akan dikeluarkan oleh bank adalah sekitar 50.000.000.000.

Pinjaman jenis ini umumnya memiliki suku bunga yang relatif tinggi.
Oleh karena itu, pastikan Anda telah menghitung dengan cermat angsuran yang akan Anda bayarkan nanti.
Jangan biarkan cicilan menjadi beban Anda nantinya.

Berkenaan dengan tenor atau periode pembayaran pinjaman, jenis pinjaman ini umumnya hanya ditawarkan selama sekitar 1-2 tahun.
Agar dapat mengajukan permohonan untuk KTA, biasanya ada lebih sedikit persyaratan dan lebih sedikit kesulitan.

Biasanya, pinjaman KTA ini cenderung digunakan oleh pelanggan untuk hal-hal yang mendesak, seperti mengubah rumah selama musim hujan, membayar uang sekolah, atau membeli barang untuk keperluan bisnis.

Kredit Dengan Agunan

Kredit dengan agunan tentu saja merupakan kebalikan dari kredit tanpa agunan.
Jenis pinjaman ini membutuhkan aset pada proses peminjamannya.
Walau begitu, saat Anda  memberikan jaminan aset, tentu saja Anda akan mendapatkan beberapa keringanan, seperti bunga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan Kredit Tanpa Agunan.

Tidak hanya suku bunga yang lebih rendah, namun juga tenor yang diberikan tentu saja biasanya akan relatif lebih panjang.
Pada jenis pinjaman ini, bank bisa memberikan tenor hingga 25 tahun masa cicilan.

Jumlah uang yang dapat diajukan sebagai kredit juga biasanya akan lebih besar, Anda tentu saja dapat meminjam dana sampai dengan miliaran melalui Kredit Dengan Agunan ini.

Namun, tentu saja karena nominal yang diajukan memiliki jumlah yang cenderung lebih besar maka syarat yang diajukan tentunya jauh lebih rumit dibandingkan dengan kredit tanpa agunan, dan proses pencairan dana juga akan berlangsung cukup lama karena proses appraisal (penilaian) yang dilakukan oleh bank dimana Anda melakukan kredit.

pinjam

truski :